Minggu, 04 April 2010

Resume IBT Bab I

Sejarah Internet

Ketika berbicara masalah internet maka yang segera terlintas di benak kita adlah akses tanpa batas waktu dan jarak. Kita dapat betemu dengan banyak orang dari berbagai penjuru dunia denga beragam status ekonomi, ras, profesi , pemikiran , dan banyak perbedaan lainnya. Internet mengintergrasikan banyak kompter yang terhubung secara luas di seluuruh dunia dan didalamnya terdapat sumber daya iinformasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis serta interaktif Internet adalah media yang paling tepat untuk saling bertukar informasi, berbagi pengalaman , dan bahkan lebih lanjut internet dapat menjadi media untuk membangun bisnis.

1969 adalah tahun yang mencatat awal sejarah kemunculan internet. DImulai ketika Departemen pertahan amerika serikat, mengadakan sebuah riset bernama ARPANET. Riset ini bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga terbentuk jaringan pad adepartemen ini. Tahun demi tahun arpanet berkembang. hingga akhirnya arpanet berkembang diluar amerika. dan selanjutnya banyak jaringan yang berkembang dan lahirlah sebuah protokol yang bernama TCP dan IP pada tanggal 1 januari 1983.

Sampai awal tahun 1990 internet semakin banyak dipakai oleh berbagai kalangan dan sebuah aplikasi baru world wide web (www) temuan tim berners lee telah membawa perubahan besar dalam perkembangan internet, dengan adanya www sebuah situs dapat tersusun dari sebuah halaman informasin yang berisi teks, gambar bergerak, dan suara, bahkan video dengan cara meletakan link yang dapat membawa pengguna ke halaman yang dirujuk oleh link tersebut.
Pada tahun 1992 muncul istilah surfing
pada tahun 1994 muncul yahoo dan netscape navigator
Internet dengan 'I' besar artinya international networking = jaringan komputer global yang terdiri atas jutaan komputer terhubung pada suatu jaringan yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan suatu protokol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP.
Kalo 'i' nya kecil, ya berarti komputer yang terhubung pada jaringan lokal doank...

Pelopor perkembangan internet nih..
Vannevar bush = Pengembang riset ARPANET , penggunaan potensial TI
Claude Shannon = bapa teori informasi modern, reprentasi bilangan biner
JCR licklider = menciptakan jaringan universal, dan interaksi man-comp
Paul Baran = arsitektur pengembangan jaringan komputer
TED Nelson = Pencipta proyek XANADU, Hypertext
Leonard Kleinrock = pelopor jaringan komunikasi digital
Larry ROberts = mengembangkan jaringan komunikasi yang luas
vinton cerf = pendesain protokol TCP/IP
robert kahn = pengembang prototkol TCP /IP
christian huitema = pelopor, pengembang TCP /IP, IPv6
Tim Berners-Lee = penemu HTML, dan WWW
Mark Andreesen = Pengembang browser sisi grafik (mosaic)